Pertanyaan yang Sering Muncul Ketika Seseorang Baru Masuk Islam

Pertanyaan yang Sering Muncul Ketika Seseorang Baru Masuk IslamPertanyaan yang Sering Ditanyakan Orang yang Baru Masuk Islam
1. Aku telah masuk Islam, haruskah aku berganti nama?

Jawab: tidak, anda tidak perlu berganti nama, kecuali nama anda memiliki makna yang bertentangan dengan ajaran Islam. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memerintahkan seseorang yang baru masuk Islam untuk mengganti namanya. Nama arab secara umum memiliki makna, Nabi shallallahu’alaihi wa sallam pernah mengganti nama seseorang yang memiliki makna yang tidak diperbolehkan dalam Islam.


Dari Aisyah Radhiyallahu Anha, ia berkata,

"Bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam biasa mengganti nama yang jelek." (HR. At-Tirmidzi)

Ibnu Umar Radhiyallahu Anhuma menceritakan, bahwa salah seorang anak perempuan Umar ada yang bernama Ashiyah[berarti permpuan yang bermaksiat]. Lalu nama tersebut diganti oleh Nabi menjadi Jamilah (perempuan yang cantik).

Jika nama anda tidak mengandung makna yang terlarang menurut Islam, maka anda tidak harus menggantinya. Bahkan jika nama anda memiliki makna yang tidak diperbolehkan, dan kemudian jika dengan mengganti nama anda tersebut  dalam dokumen-dokumen resmi bisa  membuat anda merasa kesulitan, maka anda cukup mengganti nama anda dalam lingkup keluarga dan kerabat anda saja. Kemudian jika anda hendak mengganti nama anda maka jangan anda ganti nama keluarga atau nama ayah anda, bahkan meskipun dalam nama tersebut terkandung makna yang terlarang. Tetapi anda cukup mengganti nama depan anda saja. Allah berfirman di dalam al-quran,
”panggillah mereka(anak angkat) dengan (memakai nama) bapak –bapak mereka, itulah yang adil di sisi Allah..” (qur-an 33:5)

bersambung...

Comments

iklan

iklan
Bimbingan Islam Untuk Pribadi dan Masyarakat

Popular posts from this blog

Tatacara Shalat Wajib 5 Waktu untuk Pemula Dilengkapi Gambar

Menentukan Tibanya Waktu Shalat Tanpa Jam dan Jadwal

Bagaimana Seorang Mualaf Memperdalam Ilmu Agamanya

9 Amalan Yang Harus Dibiasakan Seorang Mualaf

4 Alasan Mengapa Seseorang Masuk Islam

Pentingnya menuntut ilmu dalam Islam

Tata Cara Mandi Besar Sesuai Petunjuk Nabi

TATA CARA MENGERJAKAN WUDHU YANG BENAR SESUAI SUNNAH