RUKUN ISLAM

RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN
Rukun Islam
Kita telah melewati pembahasan tentang syahadat, yang itu merupakan dasar keimanan seorang muslim, dan gerbang pertama bagi seseorang yang akan masuk Islam. Sekarang mari kita lanjutkan pembahasan berikutnya mengenai rukun islam. Esensi ajaran islam beranjak dari 5 pilar yang di kenal dengan istilah rukun islam.



5 Pilar Islam (Rukun Islam)
Pembagian 5 pilar islam ini adalah berdasarkan hadits Nabi yang sangat terkenal. Hadits ini di kenaljuga dengan hadits jibril.
Dari Umar radhiallahu ‘anhu, dia menceritakan, “Ketika kami sedang duduk-duduk bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba muncul seorang laki-laki yang pakaiannya sangat putih, rambutnya sangat hitam, pada dirinya tidak ada bekas-bekas datang dari perjalanan, namun tidak ada satu pun di antara kami yang mengenalnya. Kemudian, dia duduk di dekat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dia menempelkan lututnya ke lutut Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan meletakkan telapak tangannya di atas paha Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian, dia bertanya, ‘Wahai Muhammad, sampaikan kepadaku, apa itu islam? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallammenjawab, “Islam adalah engkau bersyahadat bahwasanya tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan salat, menunaikan zakat, berpuasa ramadhan, dan melaksanakan haji ke Baitullah jika engkau mampu pergi ke sana.’ Orang ini berkata, ‘Engkau benar.’” Umar pun mengatakan, “Kami terheran; dia bertanya lalu dibenarkannya sendiri. Orang tersebut bertanya, ‘Sampaikan kepadaku tentang apa itu iman!’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Iman itu, engkau beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, dan hari akhir, serta beriman kepada takdir baik maupun buruk.’ Orang tersebut menyahut, ‘Kamu benar. Sampaikan kepadaku tentang apa itu ihsan!’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Ihsan itu, engkau beribadah kepada Allah seolah engkau melihatnya. Jika engkau tidak bisa, maka sesungguhnya Allah melihatmu.’ Orang itu bertanya, ‘Sampaikan kepadaku, kapan kiamat terjadi?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Orang yang ditanyai tidak lebih tahu daripada orang yang bertanya.’ Orang itu bertanya lagi, ‘Sampaikan kepadaku tentang tanda-tandanya!’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Budak-budak wanita akan melahirkan tuannya, dan engkau akan melihat orang yang tidak memakai alas kaki, suka tidak memakai baju, miskin, dan penggembala kambing berlomba-lomba dalam membuat bangunan yang tinggi.’ Kemudian, orang tersebut pergi, sementara aku (Umar) diam (tidak mencari) beberapa hari. Setelah itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, ‘Wahai Umar, tahukah kamu, siapa orang yang kemarin bertanya itu?’ Umar mengatakan, ‘Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya, dia adalah Jibril yang datang kepada kalian untuk mengajarkan agama kalian.’” (HR. Muslim, no. 1)
Disebut “hadis Jibril”, karena hadis ini menceritakan tentang Jibril yang datang mengajarkan islam, iman, dan ihsan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat. Hadis ini ditempatkan oleh Imam Muslim sebagai hadis pertama dalam kitab Shahihnya. Demikian pula, Imam Al-Baghawi menempatkan hadis ini sebagai hadis pertama dalam dua kitabnya: Syarhus Sunnah dan Mashabih As-Sunnah. Sementara, Imam An-Nawawi menempatkan hadis ini sebagai hadis kedua dalam Al-Arbain An-Nawawiyah (Kumpulan 42 Hadis Penting). Hadis ini memiliki banyak redaksi riwayat yang berbeda-beda, padahal kisah yang diceritakan hanya terjadi sekali.

Arti Islam
Dalam bahasa arab kata ‘islam’ berakar dari kata aslama yang berarti tunduk dan patuh.
“Bahkan, barangsiapa aslama (menyerahkan diri) kepada Allah, sedang ia berbuat kebaikan, maka baginya pahala di sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula bersedih hati” (Q.S. Al Baqarah:112).
Islam berarti penyerahan diri dan ketundukan yang total hanya kepada Allah. Orang yang beragama islam disebut muslim.

. Jadi seorang muslim berarti seseorang yang berserah diri kepada Allah, beribadah hanya kepada Allah semata, mengimani dan menaati para rasul yang diutus Allah kepada mereka. Orang non-muslim menganggap bahwa Islam hanyalah sebuah agama yang muncul di abad ke-7 dari kawasan Timur Tengah. Akan tetapi sesungguhnya Islam adalah satu-satunya agama Allah sejak keberadaan manusia untuk pertama kali, yaitu sejak Nabi Adam. Jadi, Islam adalah agama yang dibawa oleh semua Nabi setelah Nabi Adam. Para nabi selalu menyeru tiap umatnya agar meninggalkan segla bentuk penyembahan kepada sesama makhluk dan menyembah hanya kepada Dzat Pencipta alam semesta. Kemudian menyeru agar umat manusia mengikuti agama yang dibawa oleh para nabi yang berasal dari Allah. Inilah agama yang juga dibawa oleh Nabi Musa dan Nabi Isa (yesus).

Apa Itu Rukun Islam?
Islam dibangun atas 5 pilar utama,yaitu:
1. Syahadat(persaksian keimanan).
Seseorang yang ingin masuk Islam harus melalui tahapan ini, yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat yang bunyinya:
• Asy hadu an laa ilaha illallah :aku bersaksi bahwa tiada yang berhak disembah kecuali Allah;
• Wa asy hadu annaa muhammadar Rasulullah : dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

2. Shalat 5 kali sehari.
Seorang muslim harus selalu mengerjakan shalat 5 waktu dalam sehari,sesuai dengan waktunya masing-masing. Melalui shalat 5 waktu, seorang muslim akan selalu menjaga hubungannya dengan Allah, selalu mengingat Allah, dan terjaga dari perbuatan maksiat. tata cara pelaksanaan shalat bisa anda baca di Tata Cara Shalat 5 Waktu .
3. Membayar Zakat.
Zakat adalah harta yang diambil dari orang yang kaya, untuk di berikan kpada orang miskin. Ada syarat yang harus dipenuhi sehingga seseorang wajib untuk membayar Zakat.
4. Berpuasa di bulan Ramadhan.
5. Menunaikan ibadah haji bagi yang mampu.
Perincian dari tiap-tiaprukun Islam akan kami hadirkan pada postingan yang akan datang.

Comments

iklan

iklan
Bimbingan Islam Untuk Pribadi dan Masyarakat

Popular posts from this blog

Tatacara Shalat Wajib 5 Waktu untuk Pemula Dilengkapi Gambar

Menentukan Tibanya Waktu Shalat Tanpa Jam dan Jadwal

Bagaimana Seorang Mualaf Memperdalam Ilmu Agamanya

9 Amalan Yang Harus Dibiasakan Seorang Mualaf

4 Alasan Mengapa Seseorang Masuk Islam

TATA CARA MENGERJAKAN WUDHU YANG BENAR SESUAI SUNNAH

Pentingnya menuntut ilmu dalam Islam

Tata Cara Mandi Besar Sesuai Petunjuk Nabi