BERADAPTASI DENGAN MASYARAKAT MUSLIM

BERADAPTASI DENGAN MASYARAKAT MUSLIM
Menyesuaikan Diri dengan masyarakat Muslim
Dalam menjalani hidup sebagai seorang muslim, seseorang pada akhirnya dituntut untuk bergaul dengan muslim lainnya. Tidak sedikit pelaksanaan ibadah dalam Islam yang mengharuskan keterlibatan orang lain dalam pengamalannya, seeperti: shalat berjamaah, mengurus jenazah, menikah, ibadah haji, dan lain-lain. Dengan kata lain, seseorang yang baru saja masuk Islam, pada akhirnya harus bisa menyesuaikan diri dengan komunitas barunya, yaitu masyarakat muslim. Pada bab ini, kami ingin membantu seseorang yang baru masuk Islam agar dapat menyatu dengan masyarakat muslim.

Hal- hal yang perlu diketahui dalam menyesuaikan diri dengan masyarakat muslim
1. Yang pertama dan yang sangat penting, sebelum anda mulai menjumpai muslim lainnya adalah anda harus senantiasa menyadari bahwa walaupun Islam adalah agama yang sempurna, akan tetapi penganut-penganutnya adalah manusia biasa yang tidak sempurna. Anda akan menjumpai bahwa sebagian dari kaum muslimin adalah tipe orang yang susah diajak bergaul, sebagian lainnya sangat enak dijadikan temen dekat. Anda tidak dituntut untuk menjadi teman dekat bagi siapapun muslim lainnya. Kaum muslimin sangat beragam, dilihat dari suku, ras, jenjang pendidikan, pengetahuan dan pengamalan mereka terhadap ajaran Islam.
2. Carilah teman yang bisa dipercaya akhlak dan keilmuannya. Seiring berjalannya waktu anda menjadi seorang muslim, anda akan menjumpai dan mendengarkan penceramah- penceramah yang memberikan nasehat-nasehat keagamaan. Akan tetapi yang amat kita sayangkan adalah bahwa tidak semua nasehat- nasehat yang mereka sampaikan benar dan berdasarkan sumber-sumber yang bisa dipercaya dari literatur-literatur Islam. Anda harus menyadari bahwa tidak semua muslim berkompeten dalam ilmu-ilmu keislaman. Begitu juga ketika seseorang adalah orang arab, maka tidak serta merta dia adalah seorang yang ahli dalam bidang tafsir al quran. Banyak kaum muslimin yang mengamalkan ajaran Islam hanya sebatas mengikuti adat istiadat di suatu tempat, dan terpengaruh dengan sekte-sekte menyimpang dari adat setempat. Tentu saja hal ini bisa membuat anda bingung. Hal yang anda perlu pahami di sini adalah bahwa setiap ajaran Islam yang benar selalu disertai dengan dasar hukum Islam atau dalil, dan yang menjadi dalil dalam Islam adalah al quran dan sunnah nabi mengikuti pemahaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya, yaitu generasi pertama pemeluk Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di sinilah pentingnya seorang teman yang mendalam ilmunya tentang Islam yang orisinal, yang akan membimbing anda tahap demi tahap sesuai jalur yang benar.
3. Jangan terlalu berkecil hati ketika anda menjumpai seorang muslim yang buruk akhlaknya dan agresif. Tidak semua muslim mengamalkan ajaran agamanya dengan baik. Mungkin anda juga akan menjumpai seorang muslim yang sangat agresif dalam upayanya mencoba ‘membimbing’ anda, yang mungkin mereka kurang bijak dan sabar dalam menyampaikan apa yang mereka anggap anda harus segera mengetahuinya, dan tidak sedikit orang-orang seperti ini yang juga kurang ilmu. Usahakan anda mencari pembimbingyang dengannya anda merasa nyaman dan tentu saja dia adalah orang yang berilmu.
Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui dalam usaha anda untuk menyatu dengan ‘lingkungan’ baru anda. Jangan berkecil hati jika anda belum bisa benar-benar beradaptasi dengan masyarakat muslim lainnya. Tidak sedikit juga kaum muslimin yang akan menyambut anda dengan hangat sebagai saudara baru mereka. Mereka akan bersemangat untuk menemani dan membantu anda melewati masa-masa sulit sebagai seseorang yang baru masuk Islam yang mungkin akan dikucilkan oleh kerabat-kerabatanda terdahulu yang tidak suka melihat anda menjadi seorang muslim. Selalu berdoalah kepada Allah seiring dengan segala usaha yang anda lakukan. Semoga Allah menjaga dan memudahkan langkah anda.

Comments

iklan

iklan
Bimbingan Islam Untuk Pribadi dan Masyarakat

Popular posts from this blog

Tatacara Shalat Wajib 5 Waktu untuk Pemula Dilengkapi Gambar

Menentukan Tibanya Waktu Shalat Tanpa Jam dan Jadwal

Bagaimana Seorang Mualaf Memperdalam Ilmu Agamanya

9 Amalan Yang Harus Dibiasakan Seorang Mualaf

4 Alasan Mengapa Seseorang Masuk Islam

TATA CARA MENGERJAKAN WUDHU YANG BENAR SESUAI SUNNAH

Pentingnya menuntut ilmu dalam Islam

Tata Cara Mandi Besar Sesuai Petunjuk Nabi