Beriman Kepada Kitab Allah

BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH

Islam mengakui bahwa hanya al-quranlah satu-satunya kitab di antara kitab-kitab yang pernah diturunkan Allah yang masih tersisa dalam format aslinya sebagaimana ketika al-quran itu pertama kali di turunkan kepada Nabi Muhammad. Meskipun demikian, Islam tidak mengesampingkan keimanan terhadap kitab-kitab yang terdahulu.
Beriman kepada kitab-kitab Allah adalah termasuk dalam 6 rukun iman yang pernah kami bahas sebelumnya. Selanjutnya kita akan mengulas, mengapa Allah menyampaikan pesan-pesannya dalam bentuk kitab.
Kenapa Allah menurunkan kitab-kitab suci kepada umat manusia?
Kitab suci yang diturunkan kepada para rasul adalah sebagai sumber referensi untuk memahami agama dan mengetahui kewajiban seorang hamba kepada Tuhannya dan juga kewajiban nya kepada sesama. Allah memberi petunjuk kepada umat manusia dengan menurunkan kitab suci yang dengannya manusia merealisasikan tujuan penciptaannya.
Dengan kitab suci pula, manusia memiliki referensi yang menjadi rujukan ketika terjadi perselisihan dan pertikaian diantara mereka. Kitab suci itulah yang akan menjadi pijakan dalam mengambil keputusan.
Beriman kepad kitab-kitab Allah mengandung empat perkara:
1. Membenarkan dengan sebenar-benarnya semua kitab yang telah diturunkan oleh Allah, dan bahwa Allah berbicara secara hakiki, di antaranya ada yang langsung terdengar darinya dari balik tabir tanpa perantara malaikat, ada juga yang disampaikan melalui utusan malaikat yang disampaikan kepada utusan manusia. Di antaranya ada yang ditulis Allah dengan Tangan-nya. Sebagaimana firman Allah:

“dan tidak mungkin bagi seorang manusiapun bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau dari belakang tabir atau dengan mengutus seorang utusan (malaikat) lalu diwahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Mahatinggi lagi Mahabijaksana”. (qs. Asy syura:51)

Allah juga berfirman:

“dan Allah telah berbicara dengan Musa secara langsung”. (qs. An nisa :164)

“dan telah Kami tuliskan untuk Musa pada luh-luh (taurat) segala sesuatu sebagai pelajaran dan penjelasan bagi segala sesuatu”. (qs. Al-a’raf:145)

2. Apa yang Allah sebutkan dalam kitab-kitab tersebut secara terperinci, maka wajib diimani secara terperinci. Yaitu kitab-kitab yang Allah namakan Al quran, yaitu; al quran, taurat, injil, zabur, lembaran Ibrahim dan Musa. Adapun yang disebutkan secara global, maka harus kita imani secara global. Maka kita mengatakan sebagaimana Allah perintahkan kepada kita,

dan katakanlah:” aku beriman kepada semua kitab yang diturunkan Allah”. (qs. Asy syura: 15)

3. Membenarkan kabar-kabar yang shahih, seperti kabar yang terdapat di dalam al quran, atau berita yang belum diubah dan diganti dalam kitab-kitab terdahulu.
4. Beriman bahwa Allah menurunkan al quran sebagai hakim terhadap kitab-kitab dan pembenar terhadapnya, sebagaimana firman Allah:

“dan Kami telah menurunkan kitab(al quran) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran,yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya. Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah..” . (qs al maidah: 48)
Sebagai orang yang beriman, maka kita wajib mengikuti al quran lahir dan batin. Kemudian berpegang teguh kepadanya dan menunaikan haknya.
“dan ini adalah kitab (al quran) yang Kami turunkan dengan penuh berkah. Ikutilah dan bertakwalah agar kamu mendapat rahmat”. Qs al an’am:155
dengan beriman kepada kitab Allah, maka kita menghalalkan apa yang dihalalkan al quran,mengharamkan apa yang diharamkan al quran, tunduk kepada perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya. Mengambil pelajaran dari contoh-contoh kisah yang ada di dalamnya. Mengetahui hukum-hukumnya yang jelas. Senantiasa membaca dan mentadabburi ayat-ayatnya. Lalu kita mengamalkan dan mendakwahkannya.

Comments

iklan

iklan
Bimbingan Islam Untuk Pribadi dan Masyarakat

Popular posts from this blog

Tatacara Shalat Wajib 5 Waktu untuk Pemula Dilengkapi Gambar

Menentukan Tibanya Waktu Shalat Tanpa Jam dan Jadwal

Bagaimana Seorang Mualaf Memperdalam Ilmu Agamanya

9 Amalan Yang Harus Dibiasakan Seorang Mualaf

4 Alasan Mengapa Seseorang Masuk Islam

Pentingnya menuntut ilmu dalam Islam

Tata Cara Mandi Besar Sesuai Petunjuk Nabi

TATA CARA MENGERJAKAN WUDHU YANG BENAR SESUAI SUNNAH