9 Amalan Yang Harus Dibiasakan Seorang Mualaf



Setelah seorang non-muslim menerima Islam sebagai agamanya, maka dia akan mulai menyadari bahwa Islam bukanlah sekedar agama, bahkan Islam adalah sebuah jalan hidup.

Dalam Islam, peribadatan tidaklah sebatas ritual pada waktu-waktu tertentu atau pada sebuah upacara tertentu. Peribadatan dalam Islam adalah seluruh kehidupan seorang muslim, meliputi seluruh aspek kehidupannya di setiap tempat dan di setiap waktu

Dengan kata lain Islam adalah sesuatu yang dengannya kita menjalani hidup, berfikir dan bertindak.
Menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang yang selalu beribadah kepada Allah adalah sebuah langkah yang bisa ditempuh oleh seorang mualaf.

Berikut ini anda akan mengetahui tips-tips bagi seorang mualaf agar mudah membiasakan diri menjalani hidup sebagai seorang muslim.

Inilah kebiasaan-kebiasaan yang lambat laun akan semakin mudah diamalkan oleh seorang mualaf.

1. Sisihkan waktu tertentu walau sebentar untuk membaca al-quran disertai terjemahnya. Sangat dianjurkan juga baginya untuk membaca tafsir dan penjelasan ulama tentang ayat-ayat al-quran yang dibaca. Waktu yang singkat dan berkelanjutan lebih baik daripada anda memaksakan diri membaca al-quran dalam waktu yang lama, akan tetapi setelah berlalu beberapa hari anda mulai malas membacanya.
Allah berfirman yang artinya: “Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al Isra : 9)

2. Berikan perhatian yang lebih tentang bagaimana cara mendirikan shalat. Berupayalah semaksimal mungkin untuk mengetahui tata cara mendirikan shalat dengan benar, baik melalui buku-buku maupun belajar secara langsung dari muslim lainnya yang berkompeten.
Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda,"Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku shalat". (hadits riwayat bukhari dan ahmad)
Mungkin hal ini akan memakan waktu yang tidak singkat, maka hendaknya anda bersabar.

3. Mulailah menghafal bacaan-bacaan dzikir yang mudah dan sesuai sunnah nabi. Bacaan-bacaan yang bisa anda abaca setiap waktu. Upayakan juga anda mengetahui makna dari tiap-tiap bacaan dzikir yang anda hafal.
Allah berfirman,”Maka ingatlah kepada-Ku, Akupun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku”.(quran 2:152).

4. Rutinkanlah bersedekah setiap hari. Ingat, sedekah dalam Islam tidak terbatas dalam wujud sedekah harta, bahkan senyum anda kepada orang lain sudah dianggap sedaekah dalam Islam.
Untuk setiap tulang/sendi manusia harus ada sedekahnya setiap hari yang di dalamnya matahari terbit. Engkau berlaku adil di antara dua orang adalah sedekah. Engkau membantu seseorang di kendaraannya dengan membantu dia naik ke atasnya atau mengangkatkan barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Kata-kata yang baik adalah sedekah. Setiap langkah yang engkau ayunkan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Engkau menyingkirkan duri dari jalanan adalah sedekah (HR al-Bukhari, Muslim, Ahmad dan Ibn Hibban).

5. Hindari menyia-nyiakan waktu luang anda. Waktu luang yang hanya dipakai untuk bermain game berjam-jam adalah sebuah kerugian.
Nabi shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari, no. 5933].

6. Hindarilah berlebih-lebihan dalam beragama. Berpuasa setiap hari tanpa jeda, membaca alquran sepanjang hari, dan sikap berlebih-lebihan lainnya yang ujung-ujungnya membuat kita merasa berat dan malas. Ada saatnya bercanda, ada saatnya bekerja, dan ada saatnya untuk membaca al-quran.
Nabi shallallahu'alaihi wa sallam bersabda,"Jauhkan diri kalian dari berlebih-lebihan (ghuluw) dalam agama. Sesungguhnya berlebih-lebihan dalam agama telah membinasakan orang-orang sebelum kalian.” (HR an-Nasa’i 5/268)

7. Berikan perhatian pada kesehatan fisik, mental,dan spiritual kita. Jagalah kesehatan anda. Cukup istirahat dan makanlah makanan yang halal dan sehat. Dengan tubuh yang sehat, anda akan lebih mudah untuk beribadah kepada Allah.Nabi shallallahu'alaihi wa sallam pernah bersabda,"Berpuasa dan berbukalah, bangun malam dan tidurlah, sebab, pada badanmu ada hak dan pada lambungmu juga ada hak” (HR Bukhari dan Muslim).

8. Bergaullah dengan sesama muslim dan bertemanlah dengan mereka. Berteman dengan muslim yang baik akhlaknya dapat membantu anda meningkatkan kualitas keimanan anda. Teman yang baik adalah teman yang lebih banyak membicarakan topik-topik agama yang dapat meningkatkan keimanan. Bukan teman yang banyak membicarakan gosip dan fashion terkini semata.

9. Sempatkanlah untuk membaca kisah para nabi, kisah Nabi Muhammad shallallhu’alaihi wa sallam, dan kisah para shahabat nabi serta ulama-ulama Islam. Berteladanlah kepada mereka dalam menjalani hidup anda.

10. Hadirilah majelis ilmu, yang dapat menambah pengetahuan anda tentang Islam, tentang Allah, tentang Nabi Nya, dan sebagainya.

Islam adalah agama yang mudah untuk dipraktekkan dalam kehidupan kita. 9 amalan yang harus dibiasakan oleh seorang mualaf di atas adalah satu langkah kecil bagi seseorang yang baru masuk Islam untuk menjadikan Islam jalan hidupnya, sehingga hidupnya akan menjadi lebih baik sesuai tuntunan Islam.

Comments

Popular posts from this blog

Tatacara Shalat Wajib 5 Waktu untuk Pemula Dilengkapi Gambar

Menentukan Tibanya Waktu Shalat Tanpa Jam dan Jadwal

Bagaimana Seorang Mualaf Memperdalam Ilmu Agamanya

Pentingnya menuntut ilmu dalam Islam