Puasa 1 (puasa umat terdahulu)

puasa umat terdahuluMelanjutkan pembahasa rukun Islam , kita memasuki pembahasan tentang puasa. sebagai pembuka, kami akan mengetengahka secara garis besar tentang ritual puasa yang dipraktekkan berbagai bangsa dan agama.



Puasa


Puasa adalah sebuah ritual ibadah yang tidak hanya dipraktekkan oleh umat Islam. Puasa telah dipraktekkan selama berabad-abad oleh umat Nasrani, Yahudi, Hindu, Taoist, Confusius, dan yang lainnya. 
Allah telah berfirman,”wahai orang-orang yang beriman,telah diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa”. (qs al baqarah : 183)
Akan tetapi dalam ritual puasa umat-umat terdahulu telah mengalami penyimpangan dalam pengamalannya.

Sejarah Puasa Dalam Masyarakat Primitif

Puasa pada masa masyarakat primitif adalah merupakan bagian dari upacara kesuburan, sebuah upacara pagan yang dilaksanakan pada waktu dan tempat tertentu dan telah berlangsung selama berabad-abad. Beberapa masyarakat primitif melakukan puasa untuk menghindarkan diri dari bencana ataupun  sebagai bentuk pelayanan untuk mendapat penebusan dosa.
Penduduk asli meksiko dan bangsa inca melakukan sebuah puasa pertobatan untuk menenangkan dewa-dewa mereka. Begitu juga yang dilakukan bangsa babel dan asyur, mereka melakukan puasa sebagai bentuk penebusan dosa.

Puasa dalam Agama Yahudi dan Kristen

Umat Yahudi melaksanakan puasa sebagai bentuk prtaubatan dan penyucian tahunan yang dilaksanakan pada hari pertaubatan atau Yom Kippur, yang bertepatan dengan tanggal 10 bulan muharram dalam kalender Islam. Pada hari ini makanan dan minuman tidak diperbolehkan.
Umat Kristen pada masa-masa awal melaksanakan puasa sebagai bentuk pertaubatan dan penyucian diri. Kemudian di masa dua abad pertama dari masa Gereja Kristen , puasa dilaksanakan sebagai persiapan sukarela untuk menerima sakramen Perjamuan Kudus dan pembaptisan dan juga pentahbisan iman. Kemudian puasa ini dibuat wajib, seperti hari-hari lain yang selanjutnya ditambahkan. Pada abad ke-6 puasa prapaskah diperluas menjadi 40 hari. Setelah masa reformasi, puasa dipertahankan oleh sebagian besar Gereja Protestan dan dibuat sebagai sebuah pilihan pada  beberapa kasus.
Puasa Kaum Sekuler Masa Kini : Mogok Makan!

Menjadi sebuah ritual yang kosong, mogok makan adalah sebuah bentuk puasa yang di praktekkan di era moderen ini.  Mogok makan ini digunakan sebagai sebuah senjata politik setelah dipopulerkan oleh Mohandas Gandhi, pemimpin perjuangan kemerdekaan India yang melakukan puasa untuk memaksa pengikutnya untuk mematuhi ajaran tanpa kekerasan.
Kini, mogok makan menjadi sebuah bentuk ungkapan protes , agar tuntutannya dipenuhi atau paling tidak mendapat perhatian.

Puasa dalam Islam
Islam telah menetapkan dan mempertahankan ritual puasa salama berabad-abad sebagai sarana untuk mensucikan jiwa manusia untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Puasa memiliki keutamaan khusus di banding dengan ritual ibadah lainnya dalam Islam. Puasa membantu manusia untuk melatih mengendalikan hawa nafsunya. Adapun rincian puasa dalam Islam silahkan baca artikel kami yang berjudul Puasa di Bulan Ramadhan.


Comments

Popular posts from this blog

Tatacara Shalat Wajib 5 Waktu untuk Pemula Dilengkapi Gambar

Menentukan Tibanya Waktu Shalat Tanpa Jam dan Jadwal

Bagaimana Seorang Mualaf Memperdalam Ilmu Agamanya

9 Amalan Yang Harus Dibiasakan Seorang Mualaf

Pentingnya menuntut ilmu dalam Islam