Makanan Halal dan Makanan Haram dalam Islam yang Harus Diketahui Mualaf

makanan haram dalam islam
makanan halal
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita petunjuk kepada Islam. Kami tak lupa untuk mengucapkan selamat bagi anda yang baru saja masuk Islam, menjadi seorang mualaf. Pada pelajaran kita kali ini, akan kami bahas makanan yang dihalalkan dan di haramkan di dalam Islam. Sebagai seorang yang baru masuk Islam, akan sangat dibutuhkan untuk mengetahui apa saja yang boleh dimakan dan apa saja yang tidak boleh dimakan oleh seorang muslim.

Islam adalah agama yang sempurna, mengatur segala sesuatu yang membawa kemaslahatan bagi manusia dan lingkungan. Salah satu buktinya adalah perhatian yang diberikan Islam terhadap makanan yang dikonsumsi manusia. Islam meminimalkan kerusakan yang mungkin timbul dan membawa sebanyak mungkin manfaat yang bisa didapatkan oleh manusia dan lingkungan.

Firman Allah,
"Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk." (QS al-A'raf : 157)

Hukum asal makanan adalah halal kecuali ada dalil yang mengharamkannya

Islam adalah agama yang memudahkan bagi manusia, begitu juga dalam masalah halal haram makanan ini. Di dalam Islam, segala macam jenis makanan adalah halal , boleh dimakan,kecuali yang diharamkan. Allah berfirman,
"Dialah Allah yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu". (QS al Baqarah : 29)

"Hai manusia , makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi." (QS al Baqarah: 168)

Tidak dibolehkan bagi siapapun untuk mengharamkan makanan kecuali yang diharamkan oleh Allah dan diharamkan melalui lisan Rasul-Nya Shallallahu 'alaihi wa sallam. Firman Allah :

"Katakanlah, 'Terangkanlah kepadaku tentang rezeki yang diturunkan Allah kepadamu, lalu kamu jadikan sebagiannya haram dan (sebagiannya) halal.' Katakanlah, 'Apakah Allah telah memberi izin kepadamu (tentang ini) atau kamu mengada-adakan saja terhadap Allah?' Apakah dugaan orang - orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah pada hari kiamat." (QS Yunus : 59-60)

Pertanyaannya, lalu makanan apa saja yang diharamkan dalam Islam?

Sebab - sebab Diharamkannya Makanan dan Minuman
Makanan dihukumi haram karena salah satu dari lima sebab berikut ini:

  1. Membawa kerusakan pada badan dan akal. Allah berfirman," Dan janganlah kamu membnuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." (QS an-Nisa :29)
  2. Memabukkan dan merusak akal. Contohnya seperti khamar (minuman keras) dan narkoba. "Hai orang - orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syetan. Maka jauhilah perbuatan - perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan". (QS al Maidah : 90)
  3. Najis. Diharamkan memakan setiap jenis makanan yang najis.
  4. Menjijikkan menurut orang yang masih lurus fitrahnya. Seperti kotoran hewan, kutu, hama,dan sebagainya.
  5. Makanan yang bukan miliknya, seperti makanan curian dan makanan yang didapat dengan cara yang tidak halal, seperti hasil pelacuran, korupsi, dan sebagainya.
  6. Hewan yang mati tanpa disembelih secara Islam.
  7. Bangkai, darah, daging babi. "Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah".
  8. Hewan yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah, tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya,atau hewan yang disembelih untuk selain Allah. "dan janganlah kamu memakan binatang - binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya".(QS al An'am : 121)
  9. Daging keledai piaraan. Hadits Anas, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa sallam memerintahkan seseorang untuk mengumumkan,"sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya melarang kalian memakan keledai negeri. Sesungguhnya ia adalah najis". ((Hadits riwayat Bukhari dan Muslim)
  10. Setiap binatang buas yang bertaring. Setiap hewan yang memiliki taring untuk memangsa baik binatang buas seperti harimau, singa , serigala , dan sejenisnya , maupun binatang jinak seperti anjing dan kucing. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda, "Setiap binatang buas yang bertaring, maka memakannya adalah haram".(hadits riwayat Muslim)
  11. Setiap burung yang bercakar (yaitu burung pemangsa) seperti elang, rajawali, dan sejenisnya. Hadits Ibnu 'Abbas, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang memakan setiap binatang buas yang bertaring dan setiap burung yang bercakar". (hadits riwayat Muslim, Abu Dawud, dan an Nasa'i.
  12. Hewan yang dilarang syariat untuk dibunuh. Dari Ibnu 'Abbas, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang membunuh empat binatang : semut, lebah, burung hud-hud dan burung shurad". (hadits shahih riwayat an-Nasa'i) 

Dibolehkan memakan makanan yang haram dalam kondisi darurat, yaitu kondisi di mana kita dikhawatirkan akan binasa mati kelaparan jika tidak memakannya, dengan syarat - syarat sebagai berikut :
  1. Tidak mendapatkan makanan halal lain walaupun hanya sesuap.
  2. Ia tidak sedang berada di jurang kematian yang sudah tidak berguna lagi makanan baginya.
  3. Tidak boleh melebihi dari sekedar menutup rasa lapar dan menolak kemudharatan.
  4. Makanan tersebut bukan makanan yang diharamkan karena bisa membunuh manusia seperti mengandung racun.
"Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (QS al Baqarah: 173)





Rujukan : Shahih Fiqih Sunnah

Comments

  1. Produsen dan pengedar miras di negara demokrasi ini sejak JAman DahULu hingga Sekarang masih dibolehkan beroperasi. Sampai kapan yaa?? #mikir #Islam

    ReplyDelete

Post a Comment

iklan

iklan
Bimbingan Islam Untuk Pribadi dan Masyarakat

Popular posts from this blog

Tatacara Shalat Wajib 5 Waktu untuk Pemula Dilengkapi Gambar

Menentukan Tibanya Waktu Shalat Tanpa Jam dan Jadwal

Bagaimana Seorang Mualaf Memperdalam Ilmu Agamanya

9 Amalan Yang Harus Dibiasakan Seorang Mualaf

4 Alasan Mengapa Seseorang Masuk Islam

Pentingnya menuntut ilmu dalam Islam

Tata Cara Mandi Besar Sesuai Petunjuk Nabi

TATA CARA MENGERJAKAN WUDHU YANG BENAR SESUAI SUNNAH