Contoh Nyata dan Teladan Hidup Bagi Mualaf dalam Mempraktikkan Ajaran Islam

Contoh Nyata dan Teladan Hidup Bagi Mualaf dalam Mempraktikkan Ajaran Islam
Ada yang bilang, akhlak dan tingkah laku manusia didapatkan dari apa yang mereka lihat dari orang - orang yang menjadi panutan mereka. Anda bisa lihat sendiri, bagaimana masyarakat meniru gaya berpakaian, gaya berbicara, gaya bertingkah laku dari apa yang mereka lihat pada idola - idola mereka. Ada yang meniru gaya artis, meniru gaya pemain sepak bola, dan lain sebagainya. Entah itu baik atau buruk, nampaknya orang yang menjadi idola dan  menjadi panutan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat.


Teladan dalam keburukan
Sangat di sayangkan, tidak sedikit di antara kaum muslimin yang mengambil teladan dan idola orang - orang yang jauh dari agama, orang - orang yang jalan hidupnya hanya  untuk dunia. Akibatnya sebagian kaum muslimin terseret dalam gaya hidup mereka yang semakin menjauhkan dari kebaikan dan kebahagiaan yang sejati.

Sebagai seorang mualaf, tentu anda sangat ingin segera mempelajari Agama Islam lebih jauh lagi. Selain mempelajarinya dari berbagai literatur, salah satu cara untuk mengenal Islam lebih jauh dan mengamalkannya adalah melalui teladan /contoh dari umat Islam lainnya. Bagaimana seharusnya seorang muslim bermasyarakat, beribadah, dan lain sebagainya. Manusia lebih mudah belajar sesuatu jika ada contohnya.

Permasalahannya, tidak semua umat Islam menjalankan Islam yang seharusnya. Tidak sedikit diantara mereka yang tidak menjalankan ajaran agamanya, bahkan melakukan hal - hal yang melanggar ajaran Islam itu sendiri. Untuk itu, anda harus memiliki patokan yang jelas, untuk bisa menilai dan membedakan , mana yang menjalankan Islam sebagaimana seharusnya, dan mana yang tidak.

Nabi dan Para Sahabat, Teladan Terbaik
Sebagai umat Islam, tentu kita telah memiliki teladan yang sempurna pada diri Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Di mana beliau adalah penyampai wahyu dari Allah, yang paling memahami Al Qur-an, yang paling sempurna dalam mengamalkan Islam. Beliau adalah contoh yang sempurna sebagai seorang suami, seorang ayah, seorang pedagang, seorang juru dakwah, seorang pejuang, seorang pemimpin ummat, dan siapapun kita, kita bisa berteladan dengan apa yang ada pada diri Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Di dalam surat al Ahzab : 21, Allah berfirman,

"Sesungghnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang - orang yang mengharap (rahmat0 Allah dan (kedatangan hari) kiamat dan dia banyak menyebut Allah"

 Kemudian jika kita ingin contoh masyarakat terbaik dalam menjalankan Islam, paling baik dalam menjalankan perintah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, tentu para shahabat Nabi lah contoh terbaik untuk kita. Merekalah orang - orang yang mendapatkan pengajaran agama langsung dari Nabi, merekalah orang yang melihat langsung bagaimana Nabi mengamalkan Islam. Jika mereka memiliki pertanyaan tentang agama, mereka bisa menanyakannya langsung kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. Jika di antara mereka melakukan kesalahan , maka langsung mendapat teguran dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Shahabat Nabi Teladan bagi Mualaf.
Sebagai seorang mualaf yang baru masuk Islam, maka merekalah contoh para mualaf generasi pertama di bawah bimbingan langsung Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. Sebagian besar mereka adalah kaum musyrikin Arab penyembah berhala yang kemudian masuk Islam di hadapan Nabi Shallallhu 'alaihi wa sallam. Sebagian lainnya dahulu adalah seorang nashrani, majusi, dan yahudi.

Siapakah Shahabat Nabi itu?
Shahabat Nabi ialah siapa saja dari kaum muslimin yang pernah menyertai dan melihat Rasulullah. (Imam Bukhari dalam Kitab Shahihnya II/5)
Para shahabat adalah murid -murid langsung Rasulullah, paling sempurna dalam menjalankan ajaran agama ini, meski mereka juga manusia biasa yang tidak sempurna

Di dalam Shahih Muslim disebutkan sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, "Sebaik - baik umat adalah generasiku, kemudian yang datang setelah mereka, kemudian yang datang setelah mereka".

Para Shahabat adalah 'role model' yang Allah pilihkan untuk kaum muslimin. Merekalah umat terbaik. Bagaimana mereka menjalankan agama, bagaimana semangat mereka berjuang mendakwahkan Islam, bagaimana ketaatan mereka pada perintah Allah dan Rasul Nya, semua itu menjadi contoh bagi kita kaum muslimin yang ingin mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda, "Sesungguhnya bintang - bintang itu adalah pengaman bagi langit. Jika bintang - bintang itu lenyap, maka akan datang apa yang telah dijanjikan atas langit. Aku adalah pengaman bagi sahabatku, jika aku telah pergi, maka akan datang apa yang telah dijanjikan atas shabatku. Dan Shababatku adalah pengaman bagi umatku, jika shahabatku telah pergi, maka akan datang apa yang telah dijanjikan atas umatku." (HR Muslim 2531)

Para Shahabat Nabi adalah orang - orang yang telah Allah ridhoi.
"Orang yang terdahulu lagi pertama - tama (masuk Islam) di antara orang - orang muhajirin dan anshar, dan orang - orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka, dan merekapun ridha kepada Alah. Allah menyediakan bagi mereka jannah - jannah (surga) yang mengalir sungai - sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama - lamanya. Itulah kemenangan yang besar". (Qur-an Surat at Taubah : 100)

Maka siapakah lagi yang lebih pantas menjadi teladan selain dari orang - orang yang telah Allah ridhoi?

Mudah - mudahan blog ini di waktu yang akan datang bisa menghadirkan sedikit biografi dan kehidupan para shahabat Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. Insya Allah.





Comments

Popular posts from this blog

Tatacara Shalat Wajib 5 Waktu untuk Pemula Dilengkapi Gambar

Menentukan Tibanya Waktu Shalat Tanpa Jam dan Jadwal

Bagaimana Seorang Mualaf Memperdalam Ilmu Agamanya

9 Amalan Yang Harus Dibiasakan Seorang Mualaf

Pentingnya menuntut ilmu dalam Islam